Text
Nalar kritis pendidikan Indonesia
Merebaknya anarkisme moral etis siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah mencerminkan terjadinya dekadensi nalar etis, nalar literasi, dan nalar ilmiah dalam kehidupan bangsa. Situasi pendidikan kita seakan paradoksal. Secara konseptual, tujuan pendidikan begitu luhur, tetapi secara operasional terdapat jurang yang kian lebar antara idealitas pandidikan dan realitas pembumiannya.Buku ini mencoba membaca secara kritis fenomena pendidikan di Indonesia dalam lingku pendekatan teoretis, evaluatif, dan solutif. Pendekatan teoretis berfungsi membumikan beberapa teori pendidikan agar dapat terimplementasi dengan baik serta sebagai alat baca dalam menangkap fenomena pendidikan yang ada. Pendekatan evaluatif digunakan untuk mengevaluasi kebijakan-kebijaka pendidikan yang sudah terimplementasikan. Adapun pendekatan solutif, diberikan beberapa masukan dari penulis sebagai bahan pertimbangan dan perenungan bersama.
P06333S | 379.598 ARF n | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain